Download GRATIS PDF dan 3 Video Kaya dari Properti TANPA MODAL

Tentang MLM Online

 
MLM online adalah sebuah bentuk pemasaran barang atau jasa yang dilakukan secara langsung (email, chatting, artikel marketing, dll) diluar cara-cara konvensional dengan menggunakan anggota sebagai jaringan pemasaran yang bekerja berdasarkan komisi dari penjualan, bonus, dan iuran anggota, salah satu ciri MLM adalah mempunyai program pemasaran dan pembagian komisi lebih dari satu tingkat.
Seorang anggota yang juga berfungsi sebagai tenaga pemasar akan mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari setiap penjualan barang dilakukannya sendiri atau oleh jaringan dan kelompoknya. Anggota MLM memiliki kecenderungan untuk sering mengadakan pertemuan bersama jaringan dan kelompoknya untuk mengadakan diskusi dan pembuatan target-target penjualan guna meningkatkan penjualan produk dan penambahan anggota baru.
Banyak pelaku bisnis online menuai sukses dari program MLM online, Andapun bisa menjadi sukses dengan mengikuti program MLM online ini. Untuk memahaminya dengan baik maka berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari program MLM online:
Kelebihan:
  • Memiliki cara dan syarat penjualan yang mudah.
  • MLM online yang baik mempunyai produk dengan nilai pakai yang baik yang dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.
  • Anggota bisnis ini akan dibantu dan mendapatkan pelatihan dari member yang lebih senior. Ini adalah salah satu bentuk support antar anggota demi untuk terus meningkatkan target penjualan.
  • Laporan penjualan yang transparan, ini diperlukan sebagai acuan pembagian bonus bagi anggota.
  • Keuntungan dan bonus diberikan kepada anggota dengan memperhitungkan prestasi penjualan yang telah diraih oleh anggota MLM online tersebut.
  • Anda sebagai pelaku bisnis online mempunyai potensi yang besar untuk merekrut bawahan selama bisa melatih dan memberikan bimbingan kepada mereka.
  • Keuntungan yang didapatkan anggota MLM onlline bukan hanya berasal dari usaha sendiri namun juga berasal dari penjualan yang dihasilkan oleh dowline.
Kekurangan:
  • Terlebih untuk MLM online cara promosi yang dilakukan dengan cara pengiriman email rawan dicurigai sebagai SPAM jika tidak dilakukan dengan mematuhi etika bisnis online.
  • Produk yang ditawarkan custom dan tidak dijual di media pemasaran yang umum seperti toko. Oleh karena itu perlu adanya proses edukasi yang cukup memakan waktu dan biaya.
  • Harga produk menjadi lebih mahal dibandingkan dengan produk sejenis yang dijual di pasaran. Hal ini disebabkan karena adanya sistem bagi hasil yang dibuat bertingkat.
  • Masyarakat lebih menyukai harga produk yang murah dan mudah didapat.
  • Hanya orang-orang tertentu yang tertarik mengikuti bisnis online sejenis ini.
  • Efek dari pembagian bagi hasil secara bertingkat adalah komisi yang dibagikan kepada penjual akan berkurang dan menjadi sedikit dibandingkan seharusnya.
Yang perlu diketahui adalah bahwa ada sebuah sistem yang seolah mirip dengan MLM online yang disebut sebagai Sistem Piramida. Sistem ini merekrut anggota dan mewajibkannya menginvestasikan sejumlah dana yang terkadang disertai dengan produk wajib beli guna dijual kembali atau dikonsumsi sendiri. Sistem piramida menjadikan anggota senior mendapatkan komisi terlebih dahulu yang didapat dari hasil nilai investasi yang dilakukan oleh anggota dibawahnya. Sistem ini menjanjikan kepada anggotanya keuntungan yang sangat besar bahkan tanpa berusaha sama sekali. Beberapa negara menyikapi sistem ini secara serius dan mengeluarkan larangan beroperasi, Indonesia adalah salah satu negara yang melarang sistem ini beredar di masyarakatnya.

Disadur dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Cari Uang Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger